Stiker Timbul Resin

stiker tembul resin

Bagaimana Cara Membuat Stiker Timbul dengan Resin?

Stiker Timbul Resin dan cara membuat nya – Bagi yang baru memulai bisnis digital printing mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara membuat stiker emboss dengan resin? Stiker timbul memang menjadi salah satu jenis stiker yang paling laris di pasaran. Ini karena tampilannya yang glossy dan memiliki efek tiga dimensi.

Cara membuat stiker timbul dengan printer rumahan walaupun mirip dengan jenis bahan Stiker Timbul Resin lain seperti vinyl atau chromo, nilai stiker ini lebih tinggi karena menggunakan bahan baku vinyl khusus yang lebih kuat sebagai perekat. Proses penambahan resin dan finishing bisa dibilang lebih rumit. Selain itu, harga jual stiker emboss biasanya dihitung per cm, sehingga Anda akan mendapatkan margin keuntungan yang lumayan besar.

Baca juga artikel kami lain nya:

Stiker Timbul Custom

Stiker Timbul Bandung

Cetak Stiker Timbul

Bahan Resin Untuk Stiker Timbul

Bahan utama stiker ini adalah cairan resin sintetis. Cairan ini terbuat dari campuran resin dan hardener dengan perbandingan 2: 1. Resin sintetis terbagi menjadi dua jenis sesuai dengan kegunaannya.

Resin luar ruangan, yaitu jenis resin untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan. Resin ini tidak menguning dan lebih tahan terhadap sinar UV.

Resin dalam ruangan, yaitu resin sintetis yang ditujukan untuk penggunaan dalam ruangan saja. Jenis resin ini sering terkena sinar UV dan akan menguning.

Sedangkan menurut sifat kelenturannya ada dua jenis resin

  • Resin yang keras jika bengkok akan pecah karena menghasilkan stiker yang keras. Jenis ini biasanya digunakan sebagai gantungan kunci atau berbagai barang kreatif lainnya.
  • Soft resin, menghasilkan sticker emboss yang fleksibel, sehingga mudah diaplikasikan pada media apapun, walaupun medianya tidak rata sempurna.

Dari penjelasan di atas, untuk mulai membuat stiker resin timbul harus menggunakan resin luar ruang yang sifatnya lembut. Selanjutnya perhatikan cara pembuatan sticker timbul dengan resin berikut.

Bagaimana Membuat Stiker Timbul Dengan Resin?

cara membuat stiker timbul dengan resin dengan benar

1. Mempersiapkan Desain untuk Pencetakan

Sebelum melanjutkan dengan cara membuat stiker timbul dengan resin, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut. Pastikan Anda menggunakan aplikasi berbasis vektor seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw.

Jika Anda menggunakan aplikasi lain misalnya Photoshop, hasil pengeditan akan digabungkan dengan pola pemotongan, sehingga Anda tetap akan membawa file ke Adobe Illustrator atau Corel Draw.

Buat pola potong ukuran stiker sesuai desain yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya oval, bulat, atau lainnya. Namun, untuk resin yang rata saat dituang, hindari pola meruncing.

2. Proses Pencetakan dan Pemotongan

Mengingat tidak semua tinta bereaksi dengan baik saat terkena resin cair, Anda harus menggunakan printer inkjet dengan setidaknya 6 jenis tinta. Pasalnya, hasil cetakannya akan lebih bagus dan tentunya siap bersaing di pasaran. Dan untuk hasil yang lebih sempurna disarankan menggunakan printer dengan UV karena memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap UV dan juga terhadap resin.

Namun, jangan bingung jika Anda hanya memiliki printer tinta pewarna yang biasa Anda gunakan di rumah. Berbahan dasar air, jenis tinta ini tidak dapat menempel pada kertas berbahan vinyl. Namun Anda bisa mengelabui dengan melapisinya dengan stiker berlapis plastik. Untuk mendapatkan stikcker dengan muda Anda bisa kunjungi pembuatan stiker terdekat.

3. Proses penuangan dan pengeringan resin

  • Langkah selanjutnya dalam membuat stiker timbul dengan resin adalah menuangkan resin tersebut ke permukaan stiker.
  • Perhatikan takaran yang tepat, resin dicampur dengan cairan pengeras dengan perbandingan 2: 1, yaitu dua untuk resin dan satu untuk pengeras. Simak caranya di bawah ini.
  • Siapkan wadah sebagai media injektor. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan botol dengan ujung lancip.
  • Buat campuran resin lembut dan pengeras. Aduk hingga tercampur rata, lalu diamkan selama kurang lebih lima menit untuk menghilangkan gelembung. Siapkan stiker di permukaan datar, Anda bisa menggunakan meja. Pastikan permukaannya rata sempurna.
  • Tuang resin ke stiker. Cobalah untuk menuangkan secara perlahan dalam jumlah yang sama untuk hasil yang merata.
  • Setelah selesai, diamkan kurang lebih lima menit. Kemudian, Anda masuk ke proses pengeringan.
  • Proses pengeringan bisa memakan waktu 15 hingga 24 jam untuk hasil yang maksimal.

Itulah cara membuat stiker timbul dengan resin yang bisa langsung kamu coba. Untuk menjaga kualitas resin stiker timbul, setelah benar-benar kering disarankan untuk segera mengemasnya menggunakan plastik. Demikianlah Artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Stiker Timbul dengan Resin? Semoga bermanfaat.

Contact

Cetak/Print/Buat Stiker Murah cepat Bandung online, Jasa cetak stiker/decal motor, stiker mobil, stiker label, stiker kemasan, stiker transparan, stiker dinding, stiker kaca, cutting stiker, stiker timbul, media promosi, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *